UMUM

Disbudpar Siapkan Festival Kuliner 2018 dalam Memperingati HUT Kota Malang ke-104

Dalam memperingati HUT Kota Malang yang ke-104, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang bidang Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Festival Kuliner Kreatif. Festival ini merupakan program tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang sejak 2013 dalam memeriahkan HUT Kota Malang.

Festival ini merupakan lomba makanan khas Kota Malang yang berbahan dasar dari hasil bumi lokal yang mudah didapat di kota Malang. Festival Kuliner ini akan diselenggarakan pada hari Minggu-Senin, 8-9 April 2018. Untuk mempersiapkan dan mendukung acara tersebut diadakan Technical Meeting pada tanggal 2 April 2018 di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang. Bapak Heri selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Ibu Ratih selaku Kepala Seksi Fasilitasi Prasarana Pengembangan Sumber Dayaekonomi Kreatif memberikan arahan kepada peserta yang akan mengikuti festival kuliner.
Sedangkan, untuk makanan yang akan dilombakan harus memiliki cita rasa khas Malang. Uniknya, setiap pendemo masakan mengenakan baju tradisional. Dekorasi stand dan peralatan untuk menyajikan makanan juga harus bernuansa tradisional. Festival ini terdapat 2 kategori yaitu untuk masyarakat umum, dan profesional yang dikhususkan untuk Hotel dan Asosiasi Kepariwisataan. Kriteria penilaian festival kuliner ini berdasarkan higienis dan sanitasi, tampilan, demo memasak, penyajian, bentuk, dan rasa. Hal yang akan dinilai oleh Juri profesional sesuai dengan bidangnya yang telah menjadi juri untuk festival Kuliner selama 5 tahun. Antusias masyarakat serta hotel dan asosiasi sangat bagus, terbukti dengan banyaknya pendaftar hingga 60 peserta. Perlombaan atau penilaian dilaksanakan pada hari Minggu, 8April 2018. Selain mengikuti dan menyaksikan perlombaan memasak, peserta dan penonton juga dapat melanjutkan untuk berkeliling melihat bazar di masing-masing stand yang terbuka untuk umum pada hari Senin, 9 April 2018. Seluruh peserta Festival Kuliner akan mendapatkan piagam penghargaan dan mendapat uang pembinaan. Sedangkan untuk pemenang Festival Kuliner Kota Malang 2018 dari Kategori Profesional akan mewakili kota Malang pada Festival Makanan Khas Jawa Timur pada bulan September 2018.
Selama technical meeting, peserta sangat aktif dan koordinatif. Peserta juga memberikan pertanyaan seputar kriteria penilaian, dekorasi stand, dan ketentuan-ketentuan lainnya. Setelah melakukan sesi tanya jawab dilaksanakan pengundian nomor yang merupakan nomor peserta dan nomor stand juga. Semoga dengan adanya Festival Kuliner ini dapat memeriahkan rangkaian acara memperingati HUT kota Malang yang ke 104 tahun dan dapat melestarikan makanan tradisional khas kota Malang. (gloria/UNMER)
sumber : https://budpar.malangkota.go.id/disbudpar-siapkan-festival-kuliner-2018-dalam-memperingati-hut-kota-malang-ke-104/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *