POTENSI RW 07

IMG-20161020-WA0007RW 07 memiliki Potensi berupa budidaya Jahe Merah. Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.
Jahe merah (Zingiber Officinale) sesuai dengan namanya jahe merah memiliki warna yang berbeda dengan jahe jenis lainnya yaitu berwarna kemerah-merahan. Ukuran jahe merah ini juga lebih kecil namun kandungan seratnya lebih banyak. Jahe merah mudah tumbuh ditempat terbuka dan tempat-tempat yang agak ternaung seperti kebun dan pekarangan yang memiliki tekstur tanah kering maupun gembur dengan ketinggian 0-900 meter diatas permukaan laut. Jahe merah banya di temukan di negara-negara yang beriklim tropis maupun sub tropis. Khasiat rimpang jahe merah yang banyak dipublikasikan antara lain adalah sebagai antiinflamasi, anti trombbotik, antihiperglikemia, antimikroba, antiemetik, antidepresan, anti-karsinogen, dan anti tumor.
KHASIAT JAHE MERAH BAGI TUBUH & KESEHATAN
Jahe merah memiliki kandungan minyak asitri paling tinggi sehingga cocok digunakan untuk ramuan obat-obatan, merangsang kelenjar pencernaan dan merangsang nafsu makan. Jahe merah ini banyak dipilih karena dapat memberikan rasa pahit dan pedas lebih tinggi bila dibandingkan jahe putih. Khasiat jahe merah dipercaya untuk penyembuhan atau pencegahan berbagai macam penyakit, 10 diantaranya antara lain :
• Reumatik atau encok
• Mengobati Asma
• Migrain (kesemutan)
• Sering masuk angin
• Mengobati Influenza
• Kurang darah
• Mencegah penggumpalan darah
• Radang tenggorakan
• Gejala lambung
• Mengatasi pencernaan yang kurang baik
CARA PENGGUNAAN
Rimpang jahe merah diiris tipis-tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering, lalu dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk sampai menjadi bubuk halus dan jemur kembali dibawah sinar matahari. Cara pemakaiannya ialah diseduh 1 sendok makan bubuk halus jahe merah dengan air panas ½ gelas dan diminum 2x sehari.
RW 07 telah melakukan budidaya Jahe selama 2 tahun terakhir khususnya Jahe Merah. Pembudidayaan inilah yang dijadikan warga RW 07 sebagai icon dan tema pada Lomba Kampung Tematik. Pengambilan tema Jahe ini dikarenakan pembudidayaan jahe yang sudah berkembang tersebut, nilai jual jahe tinggi, calon pembeli juga banyak, bahkan sudah ada pemesan jahe dari perusahaan jamu yang berskala Nasional.
Diinformasikan juga oleh Lurah Blimbing, bahwa dalam lomba kali ini direncanakan akan dilakukan pengembangan budidaya Jahe Merah, produk olahan Jahe Merah, pemasaran tanaman Jahe Merah, hiasan dan pembuatan vertical garden.
Sumber : Diambil dari berbagai sumber
IMG-20161020-WA0008Tanaman Jahe Merah Warga RW 07
IMG-20161020-WA0009Tanaman Jahe Merah Warga RW 07

Tautan permanen menuju artikel ini: https://kelblimbing.malangkota.go.id/potensi-rw-07/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.