Home / ARTIKEL / Bung Edi, Wawali Malang Gelorakan Perang Buang Sampah Sembarangan

Bung Edi, Wawali Malang Gelorakan Perang Buang Sampah Sembarangan

Semangat menggebu warga mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih digelorakan warga kelurahan Samaan Kecamatan Klojen.

Sebagaimana terpotret pada gelaran deklarasi “Stop Buang Air Besar Sembarang (Open Defecation Free)” oleh warga Samaan yang dihadiri Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.
Diutarakan penggagas acara, Samsul Hadi, yang juga Wakil Ketua Forum Kota Sehat Kota Malang, bahwa deklarasi yang diadakan bagian dari komitmen warga Samaan untuk ikut mewujudkan Malang Kota Sehat. “Karenanya hadir dan ikut secara aktif dalam deklarasi adalah para ketua RT, ketua RW, pengurus LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan), pengurus BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), komunitas Kelurahan Tangguh, pengurus Forum Kota Sehat serta dihadiri dan disaksikan Lurah, Camat, dan Disperkim. Itu menunjukkan tekad kami untuk membantu program Pemkot di bidang lingkungan, “ujar Samsul.

 

Sementara Bung Edi, demikian Wawali biasa disapa, menegaskan, issue lingkungan menjadi issue krusial yang harus jadi perhatian bersama. “Kemarin waktu “banjir” menyapa kota, saya dan Pak Wali merasa sedih, bertepatan kami berdua ada tugas kedinasan di luar kota yang tidak dapat ditinggal karena mengikuti undangan kementerian dan juga dihadiri Bapak Wakil Presiden. Namun kami berdua (red. Walikota dan Wakil Walikota) intens mengikuti serta terus komunikasi dan menginstruksikan kepada OPD untuk bergerak aktif. Dan dari beberapa faktor yang terlaporkan, satu di antaranya masalah sampah yang menyebabkan arus air di selokan dan drainase drainase tidak berjalan normal. Artinya lingkungan harus jadi perhatian kita bersama, serta diperlukan kerja bersama saling menguatkan. Untuk itu, saya hadir pada acara deklarasi ini, karena ini juga bagian penting mewujudkan budaya bersih dan menciptakan lingkungan yang sehat, “tutur Sofyan Edi Jarwoko.
Secara khusus, Wawali Edi juga mengajak warga Samaan untuk menggelorakan “perang” terhadap sampah. Termasuk memerangi perilaku buang sampah sembarang. Imbuh pria ramah ini.
Setelah menyaksikan deklarasi* yang digelar di kelurahan Samaan (12/12 ’18), Bung Edi berkesempatan melakukan peninjauan ke saluran IPAL yang dibangun tahun 2018 dan berdialog serta menyapa warga Samaan, dimana satu di antaranya menyapa khusus warga disabilitas di sana.

 

Catatan :
*Isi deklarasi
1. Stop buang air besar dan sampah di sungai.
2. Warga Samaan sepakat bebas ODF
3. Warga Samaan siap memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan.
4. Siap melaporkan para pihak yang membuang sampah sembarangan atau merusak lingkungan.
sumber :https://humas.malangkota.go.id/2018/12/13/bung-edi-wawali-malang-gelorakan-perang-buang-sampah-sembarangan/

About Kel. Blimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Pemkot Dorong Warga untuk Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Pemkot himbau warga kota yang belum melakukan perekaman untuk segera mengurus. “Kita ...