PENGUMUMAN

Kota Malang Borong Penghargaan di Ajang Top BUMD 2018

Jakarta (malangkota.go.id) – TOP BUMD 2018 menobatkan PDAM Kota Malang sebagai Top PDAM 2018 sekaligus Top BUMD 2018. Tak berhenti disitu, Pjs. Walikota Malang Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD 2018, serta Pjs Direktur Utama PDAM Kota Malang, Anita Sari, sebagai Top CEO BUMD 2018.
“Ini (penghargaan) harus dijadikan motivasi untuk makin maju. Karena masih banyak pekerjaan yang harus digencarkan. Seperti mendukung dan menuntaskan program 100-0-100 (100 persen layanan air bersih, nol persen kawasan kumuh, 100 persen sanitasi bersih), khususnya pada layanan 100 persen air bersih,” ujar Pjs Walikota Malang di sela-sela pemberian penghargaan Top BUMD 2018 yang di gelar di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5).
Ditambahkannya, cakupan layanan harus terus ditingkatkan dengan menekan tingkat kebocoran seminimal mungkin. Terpotret hingga Maret 2018, jumlah pelanggan PDAM Kota Malang mencapai 157.492 saluran, dengan panjang jaringan 3.000 km dan total produksi 1475,49 L/S (13.137.876 M3). Adapun cakupan layanan 92 persen dengan efektivitas penagihan 99,83 persen.
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo  dihadapan kepala daerah dan para direktur BUMD serta Bank Pembangunan Daerah (BPD) mengatakan bahwa setiap manusia perlu imajinasi, harus punya pikiran-pikiran karena dari sana muncul konsepsi-konsepsi. Ini yang akan menjadi kekuatan untuk menggapai suatu tujuan. Dan hal yang sama harus mampu dikembangkan BUMD dan BPD di Indonesia.
“Saat ini kondisi persaingan semakin tajam, dituntut mampu menerapkan strategi yang jitu. Tidak bisa hanya bekerja seperti biasanya, harus yang luar biasa,” tegasnya.
Diinfokannya, di Indonesia ada 1.123 BUMD, 26 BPD dan 387 PDAM. Yang juga dicermati Kemendagri, 59 persen PDAM di Indonesia terlibat masalah hutang.
Mendagri Tjahjo juga memberikan pesan kepada para kepala daerah untuk merevitalisasi BUMD, penguatan bantuan modal, menyiapkan regulasi (perda yg memadai), dan peningkatan kapasitas SDM.
Secara khusus, ditekankan kepada BPD (Bank Pembangunan Daerah) agar mampu berekspansi maksimal dan BUMD yang berprestasi harus membuka diri untuk dijadikan best practice.
Ikut hadir dalam prosesi penghargaan ini Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.  Tampak juga menerima penghargaan adalah Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Malang Rendra Kresna. (say/yon).
Sumber  : https://malangkota.go.id/2018/05/04/kota-malang-borong-penghargaan-di-ajang-top-bumd-2018/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *