PENGUMUMAN

Kota Malang Raih Penghargaan Kategori Bidang Lingkungan di Ajang Government Award

Jakarta – Prestasi gemilang tingkat nasional kembali diperoleh Kota Malang. Dalam ajang bertajuk “Government Award” yang digelar oleh Majalah Sindo Weekly di Ballroom Pullman Hotel, Jakarta, pada Kamis (5/3) Kota Malang berhasil menyabet penghargaan kota terbaik kategori lingkungan mengalahkan kota/kabupaten lain di Indonesia.

Dalam kesempatan itu Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi menerima langsung penghargaan dari ajang yang dihelat rutin pada setiap tahun itu. Hadir pula dalam ajang penghargaan Sekertaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo dan Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastrukur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Adang Ahmad.
Dalam sambutannya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Adang Ahmad, mengatakan berdasarkan data dari economic forum saat ini peringkat Indonesia sudah naik dari awalnya posisi 41 menjadi posisi 36 dalam bidang ekonomi.
Hal ini, dikarenakan, Indonesia saat ini menjadi lebih kompetitif dalam menarik investasi dan hal itu berimbas positif pada terbukanya lapangan pekerjaan baru dan berkurangnya angka pengangguran.
“Ketika pengangguran berkurang maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” kata Adang Ahmad.
Bukan itu saja pada tahun 2017 – 2018 ini trend peringkat pembangunan infrastruktur di Indonesia juga mengalami kenaikan dari peringkat 60 menjadi peringkat 52.
Menurut Adang, ada tiga fungsi pembangunan infrastruktur di Indonesia yakni mendorong adanya produksi, memperlancar distribusi dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat.
“Karena itu kita berharap agar pembangunan khususnya kawasan lingkungan bisa terjaga dengan baik,” tukasnya.
Sementara itu, Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, mengapresiasi penghargaan yang diterima dalam ajang ini. Dijelaskan, pembangunan bidang lingkungan di Kota Malang sudah dilakukan secara baik dan berdasarkan kebutuhan masyarakat.
“Menjaga kelestarian lingkungan tentu menjadi perhatian pemerintah dalam program pembangunan,” kata Wahid Wahyudi.
Pjs Wali Kota berharap, penghargaan ini menjadi pelecut semangat bagi Pemerintah Kota Malang untuk terus membangun dalam bidang lingkungan bisa berjalan dengan baik.
Government Award” yang digelar oleh Majalah Sindo Pada tahun 2018 ini, merupakan ajang yang digelar kelima kalinya. Ajang ini lahir dari niat tulus untuk mempromosikan sekaligus mengapresiasi
keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.
Pemimpin Redaksi Majalah Sindo Weekly, Nevy Hetharia, mengatakan, pemberian penghargaan kepada kepala daerah, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada beberapa kategori. “Mulai dari bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government dan lain-lain,” kata Nevy.
Sejak pertama kali dilaksanakan tahun 2014 lalu hingga 2017, Majalah Sindo Weekly telah menyematkan 158 penghargaan kepada Gubernur, Wali Kota, dan Bupati di ajang Government Award. Untuk tahun 2018, sebanyak 36 penghargaan akan diberikan kepada para pimpinan daerah. Sehingga total penghargaan Govemment Award yang diberikan hingga 2018 sudah mencapai
174 penghargaan.
Ia menjelaskan, metode penilaian diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.
“Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat, dan kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang,” papar Nevy.
Ia berharap, apresiasi yang diberikan SINDO Weekly ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. “Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya. Selamat, dan terus berinovasi agar bisa menginspirasi pemimpin lainnya,” pungkasnya
sumber : https://humas.malangkota.go.id/2018/04/06/kota-malang-raih-penghargaan-kategori-bidang-lingkungan-di-ajang-government-award/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *