UMUM

Ariful Huda Resmi Dilantik Menjadi Ketua PWI Malang Raya

Malang – Bertempat di Pendopo Kabupaten Malang pada hari Minggu (25/2) telah dilaksanakan Pelantikan Pengurus PWI Malang Raya masa bhakti 2017 – 2020. Hadir pada kegiatan tersebut adalah PJS. Walikota Malang, Wahid Wahyudi, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto, Ketua PWI Provinsi Jawa Timur, Ahmad Munir serta Forkopimda Malang raya.
Ariful Huda telah secara resmi dilantik menjadi Ketua PWI Malang Raya oleh Ketua PWI Provinsi Jawa Timur yang kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi Bersama Perangi Berita Hoax yang diikuti oleh seluruh pengurus PWI Malang Raya.
Dalam sambutannya, Ariful Huda menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi warna baru agar dapat memberikan sumbangsih positif pada dunia pers. “Mudah-mudahan amanah yang diberikan ini dapat memotivasi kami untuk dapat menjalankan tugas-tugas ke depan sebaik mungkin” jelasnya.
Dalam kepengurusan ini, lanjut Ariful, kami juga melibatkan unsur pemerintah dan unsur pimpinan media agar kedepan kami dapat semakin meningkatkan kinerja dalam rangka memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat.
“Salah satu upaya nyata yang kami lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja kami adalah dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan agar kualitas diri rekan-rekan wartawan juga semakin meningkat; karena berita yang akan disebarluaskan membutuhkan pertanggungjawaban akan kebenarannya, untuk itu kami juga melakukan deklarasi bersama perangi berita hoax” tandas Ariful.
Hal tersebut juga disambut positif oleh Ketua PWI Jawa Timur, Ahmad Munir dimana upaya Deklarasi Bersama Perangi Anti Hoax dianggap sebagai gerakan yang positif dalam rangka mengurangi dampak negatif pada masyarakat akibat berita hoax yang telah beredar.
“Sejatinya wartawan memang tidak diperbolehkan menyebarluaskan berita hoax kepada masyarakat, namun pada kenyataannya hal tersibut sulit dilaksanakan pada masa sekarang, karena sudah ada kepentingan-kepentingan baik bisnis maupun politik yang sangat mempengaruhi media” ujar Munir.
“Namun, lawan dari berita hoax yang seringkali beredar adalah wartawan itu sendiri melalui citizen journalism yang dapat dilaksanakan” pungkas Munir.
Sementara itu, PJS Walikota Malang, Wahid Wahyudi berpesan agar PWI Malang Raya masa bhakti 2017 – 2020 bekerja lebih ekstra karena keberadaannya bersamaan dengan tahun politik yang identik lebih panas suasananya. “Pers adalah pilar demokrasi sehingga berita yang di tulis adalah berita yang sejuk dan terkonfirmasi agar tidak ada berita hoax yang dapat memperkeruh suasana” ujar Wahid.
Wahid juga berpesan agar pers harus dapat meluruskan kabar-kabar hoax dengan secepat mungkin.
Pers juga punya peran penting, lanjut Wahid, dalam mendorong percepatan pembangunan, oleh karena itu wajar jika pers mengkritik namun kritik yang disampaikan pun harus kritik yang membangun.
“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat kepada Pengurus PWI Malang Raya masa bhakti 2017 – 2020 semoga amanah yang telah diberikan mampu dijalankan sebaik mungkin” tutup Wahid. (Ts/Sa)

sumber : https://humas.malangkota.go.id/2018/02/26/ariful-huda-resmi-dilantik-menjadi-ketua-pwi-malang-raya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *