UMUM

Ingin Maju, Koperasi Harus Bisa Sejahterakan Anggota

Perlu diingat kembali bahwa tujuan koperasi adalah untuk menyejahterakan anggota dan bukan hanya mengejar keuntungan semata. Salah satu hal itulah yang diungkapkan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kota Malang Dr. Herman Suryo Kumolo, SH, MS dalam Workshop Perkembangan Kelembagaan Koperasi yang digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang di Hotel Montana, Selasa (5/9).
Herman mengatakan jika membentuk koperasi tujuannya hanya untuk mengejar keuntungan semata, koperasi itu akan kehilangan rohnya. menurutnya roh koperasi adalah bagaimana anggota koperasi bisa sejahtera.
“Dari kenyataan itu, seyogyanya koperasi harus memiliki visi yang sama, tidak hanya sekedar kumpulan dari orang-orang,” jelas Herman, Selasa (5/9).
Koperasi, disampaikan Herman tidak hanya kumpulan orang saja, akan tetapi adalah kumpulan orang-orang yang memiliki masalah yang sama dan memiliki tujuan yang sama untuk mengatasi kesulitan.
“Seperti koperasi yang ada di Manchester United, awalnya dibangun oleh orang-orang yang memiliki masalah yang sama karena jauhnya tempat tinggal dengan kota,” carita Herman.
Dari kesamaan itulah akhirnya mereka bersama-sama bergotong royong bagaimana bisa mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga anggota bisa merasakan manfaat dari keberadaan koperasi yang sangat menguntungkan yaitu kesejahteraan. “Koperasi tidak boleh hanya mengejar keuntungan semata. Lebih penting adalah bagaimana bisa melayani,” jelas Herman.
Selain roh koperasi yang harus bisa mensejahterakan anggotanya, dalam kesempatan ini Herman juga membahas tentang koperasi di Indonesia yang meski dari segi jumlah terus bertambah, namun keberadaannya masih jauh dari soko guru perekonomian.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si dalam sambutannya mengatakan jika Pemerintah Kota Malang sangat serius untuk membangun dan memajukan koperasi. Karena itulah berbagai kegiatan terus dilakukan, termasuk kali ini dengan menggelar workshop.
“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk semangat untuk berkoperasi di Kota Malang dengan mengembalikan roh gerakan koperasi untuk menyejahterakan anggota,” ungkap Yani, panggilan akrab Tri Widyani. (cah/yon)
sumber : http://malangkota.go.id/2017/09/06/ingin-maju-koperasi-harus-sejahterakan-anggota/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *