Home / UMUM / Banyak Kado di Upacara Peringatan Hari Jadi 103 Tahun Kota Malang Berlangsung Meriah

Banyak Kado di Upacara Peringatan Hari Jadi 103 Tahun Kota Malang Berlangsung Meriah

Malang – Dengan mengambil tema “103 tahun Kota Malang, Harmoni Memperkuat Nilai Kebangsaan”; upacara peringatan Hari jadi ke 103 tahun Kota Malang yang jatuh tepat pada hari ini (1/4) dilaksanakan di Halaman Depan Balaikota Malang.
Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Walikota Malang, H. Moch Anton dengan diikuti oleh Forkopimda Kota Malang dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang.
Dalam sambutannya, Walikota Malang yang kerap disapa Abah Anton tersebut menyampaikan bahwa pada momentum hari jadi Kota Malang ini, agar seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain, meski kita berasal dari ragam suku, adat, tradisi, bahasa, agama dan lainnya. Kebersamaan, kekeluargaan, kegotong-royongan, persatuan dan kesatuan adalah kekuatan kita. “Dengan demikian, diharapkan kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor pembangunan” ujar Abah.
Sebagai bagian dari Indonesia, Kota Malang harus mampu menjadi penguat bagi bhumi nusantara, dalam menghadapi era global. Mau tidak mau, kita harus siap. Kita tidak boleh hanya sebagai penonton. Kita harus mampu tampil sebagai pemain utama, yang saat ini termanifestasi pada terpilihnya kota malang sebagai tuan rumah rapat kerja nasional asosiasi pemerintah kota seluruh indonesia (apeksi), yang membawa pesan kesatuan gerak dari pemerintah kota se indonesia untuk memperkuat jalannya penyelenggaraan pemerintah sebagai pilar matra kebangsaan.
Pada konteks pembangunan daerah, memperkuat nilai kebangsaan, diterjemahkan pada sebuah kerja yang mampu menyatukan warganya dalam menggapai kemakmuran bersama.
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan tumbuhnya daya saing perekonomian, meluasnya aksesibilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh, Pemerintah Kota Malang telah melaksanakan berbagai upaya, diantaranya melalui peningkatan pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah.
Hal ini dapat terlihat dari capaian angka indeks pembangunan manusia, baik dalam sektor pendidikan, kesehatan maupun daya beli. Angka IPM selalu meningkat dari tahun ke tahun, tahun 2014 IPM Kota Malang sebesar 79,07 dan pada tahun 2015 sebesar 80,05 persen dan masih diatas IPM Jawa Timur sebesar 68,95, sekaligus tertinggi se Jawa Timur.
“Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan yang dilaksanakan di kota malang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat” tandas Abah.
Hal ini disebabkan adanya peningkatan realisasi dari seluruh komponen IPM, baik komponen pendidikan, yakni angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah, kesehatan yang diindikasikan dari angka harapan hidup, maupun komponen ekonomi atau kemampuan daya beli masyarakat.
Salah satu bidang pembangunan yang mendapat perhatian serius dari pemerintah Kota Malang adalah sektor pendidikan. Banyaknya institusi pendidikan yang ter-akreditasi dengan taraf yang baik, dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, menandakan bahwa pelayanan pendidikan yang ada di kota malang cukup berkualitas dan mumpuni.
Diakhir acara, juga diberikan beberapa penghargaan bagi pemenang beberapa lomba yang dilaksanakan di lingkungan Pemerintah Kota Malang sekaligus launching aplikasi Malang Menyapa dan pemberian reward bagi masyarakat yang telah membayar pajak yaitu potongan 50 % untuk masuk ke Hawai Water Park. (Ts)

sumber : http://humas.malangkota.go.id/2017/04/03/banyak-kado-di-upacara-peringatan-hari-jadi-103-tahun-kota-malang-berlangsung-meriah/

About Kel. Blimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

20 Mei 2021

Selamat hari Kebangkitan Nasional  semoga kita menjadi bangsa yang selalu maju, dan ...