UMUM

Bimtek Penguatan Program Kotaku 2016

IMG-20161026-WA0011KOTAKU merupakan singkatan dari “Kota Tanpa Kumuh”. Ini adalah sebuah program di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program KOTAKU adalah transformasi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan atau biasa disebut PNPM-MP.

Sesuai dengan nama yang disandang, program KOTAKU diluncurkan untuk menangani kekumuhan yang ada di Indonesia. Diharapkan nanti pada tahun 2019 luas wilayah kumuh di Indonesia menjadi 0%. Program KOTAKU mengusung pemerintah sebagai nahkoda kegiatan. Ibarat nahkoda; pemerintah diharapkan dapat merangkul, mengarahkan serta memimpin jalannya program.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Selasa, 25 Oktober 2016 bertempat di Aula Kelurahan Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang, telah diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Program KOTAKU. Acara yang dibuka secara langsung oleh Lurah Blimbing ini dihadiri kurang lebih 20 orang anggota dengan dipandu oleh Fasilitator Kota, Ketua LPMK, Bapak Nurtofa dan Ketua BKM Kelurahan Blimbing Bapak Slamet.
Dalam pertemuan kali ini mengagendakan :  Pembentukan 5 Pokja, Penyusunan Visi Misi KOTAKU Blimbing serta pemetaan awal potensi dan masalah. Adapun pembentukan pokja tersebut antara lain :
  1. Pokja Daya Tampung diketuai oleh Ibu herlin (RW 01)
  2. Pokja sarana dan Prasarana diketuai oleh Bapak Ir. Sugeng Yudo (RW 02)
  3. Pokja Bencana diketuai oleh Bapak Kristanto (RW 05)
  4. Pokja Sosial Ekonomi diketuai oleh Ibu Rizky (RW 08)
  5. Pokja Tata Guna Lahan diketuai oleh Bapak Mesa (RW 03)
Menurut informasi yang disampaikan oleh Ketua BKM Kelurahan Blimbing, Bapak Slamet bahwa terkait dengan perencanaan pembangunan di wilayah Kelurahan Blimbing masih dilakukan pada RW 01 dan 02 dengan hasil sebagai berikut :
  1. Kondisi jalan yang rusak akan dilakukan perbaikan dan pengajuan pavingisasi.
  2. Drainase perbaikan/pembuatan baru.
  3. Pengadaan hidran ditentukan titik pastinya di setiap RW.
  4. Rehab rumah.
  5. Pengecatan di gang-gang kecil.
Dalam kesempatan kali ini Lurah Blimbing, Roni Kuncoro, S.STP menyambut baik, dan berharap seluruh pihak yang terkait maupun warga Kelurahan Blimbing mendukung program ini sehingga tujuan program ini dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan apa yang telah drencanakan.

IMG-20161026-WA0010     IMG-20161026-WA0017

 

 

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *